Cara Membedakan HP Ori dan HDC yang Paling Akurat

by -362 Views
Cara Membedakan HP Ori dan HDC yang Paling Akurat
Cara Membedakan HP Ori dan HDC yang Paling Akurat

Jasakeren.com– Apakah Anda pernah mendengar istilah HP HDC? HDC adalah singkatan dari high detailed copy atau handphone copy draw. Artinya, HP HDC adalah HP palsu yang dibuat menyerupai HP asli.
Biasanya, HP HDC meniru model dari merek-merek HP terkenal, seperti Samsung, iPhone, OPPO, vivo, realme, Xiaomi, dan lain-lain.

HP HDC mungkin terlihat menggiurkan karena harganya yang jauh lebih murah daripada HP ori. Namun, jangan sampai Anda tertipu dan menyesal karena membeli HP HDC. Kualitas HP HDC tentu tidak sebanding dengan HP ori.

HP HDC memiliki performa yang buruk, baterai yang cepat habis, kamera yang jelek, dan rentan terkena virus atau malware.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika ingin membeli HP baru, baik secara online maupun offline. Anda harus tahu cara membedakan HP ori dan HDC yang paling akurat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tujuh cara yang bisa Anda terapkan untuk mengenali HP ori dan HDC. Simak baik-baik ya!

1. Perhatikan Penjualnya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan memperhatikan penjualnya. Jika Anda membeli HP secara offline, pastikan Anda membeli di toko resmi atau terpercaya yang sudah memiliki reputasi baik. Anda bisa bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah berpengalaman membeli HP di toko tersebut.

Jika Anda membeli HP secara online, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih toko. Anda bisa mencari toko yang memiliki label official store atau authorized store. Toko-toko ini pasti menjual HP ori dan memberikan garansi resmi. Anda juga bisa memilih toko yang memiliki predikat star seller atau banyak mendapat ulasan positif dari pembeli.

Selain itu, Anda juga harus membaca deskripsi produk dengan teliti. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah atau diskon yang terlalu besar. Cek apakah produk tersebut memiliki garansi atau tidak. Jika tidak ada garansi, kemungkinan besar produk tersebut adalah HDC. Anda juga bisa melihat kolom komentar atau testimoni dari pembeli lain untuk mengetahui kualitas produk.

2. Lihat Harganya

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan melihat harganya. Ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mengenali HP HDC. Anda bisa mencari tahu harga pasaran dari HP yang ingin Anda beli di internet atau media lain. Jika harga yang ditawarkan oleh penjual terlalu murah atau jauh di bawah harga pasaran, Anda harus curiga.

HP HDC biasanya dijual dengan harga yang sangat murah, bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih murah daripada HP ori. Hal ini karena HP HDC tidak memerlukan biaya riset, pemasaran, atau layanan purnajual. HP HDC juga dibuat dengan bahan dan komponen yang berkualitas rendah. Jadi, jangan sampai Anda tertarik dengan harga murah yang sebenarnya menipu.

3. Cek Kode IMEI

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan mengecek kode IMEI. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI adalah nomor identitas unik yang dimiliki oleh setiap HP. Anda bisa mengetahui IMEI HP dengan mengetikkan *#06# di layar panggilan. Biasanya, IMEI HP terdiri dari 15 digit angka.

Setelah Anda mengetahui IMEI HP, Anda bisa membandingkannya dengan IMEI yang tertera di dus atau kotak HP. Jika IMEI HP dan IMEI dus sama, maka HP tersebut adalah ori. Jika IMEI HP dan IMEI dus berbeda atau tidak ada, maka HP tersebut adalah HDC. Anda juga bisa mengecek IMEI HP di situs web resmi dari merek HP tersebut atau situs web seperti imei.info.

4. Cek Sistem Operasinya

Cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan mengecek sistem operasinya. HP ori biasanya menggunakan sistem operasi Android atau iOS yang resmi dan terbaru. HP HDC biasanya menggunakan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi atau dikustomisasi agar mirip dengan sistem operasi asli.

Anda bisa mengecek sistem operasi HP dengan masuk ke menu pengaturan atau settings. Di sana, Anda bisa melihat versi sistem operasi, model HP, nomor seri, dan informasi lainnya. Jika informasi tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi HP yang seharusnya, maka HP tersebut adalah HDC. Anda juga bisa mencoba mengunduh aplikasi dari Google Play Store atau App Store. Jika aplikasi tersebut tidak bisa diinstal atau tidak berfungsi dengan baik, maka HP tersebut adalah HDC.

5. Cek Kualitas Layarnya

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan mengecek kualitas layarnya. HP ori biasanya memiliki layar yang berkualitas tinggi, dengan resolusi yang tinggi, warna yang tajam, dan sudut pandang yang luas. HP HDC biasanya memiliki layar yang berkualitas rendah, dengan resolusi yang rendah, warna yang pudar, dan sudut pandang yang sempit.

Anda bisa mengecek kualitas layar HP dengan membuka gambar atau video dengan resolusi tinggi. Perhatikan apakah gambar atau video tersebut terlihat jelas, detail, dan nyata. Jika gambar atau video tersebut terlihat buram, pecah, atau tidak nyata, maka HP tersebut adalah HDC. Anda juga bisa memiringkan HP dan melihat apakah gambar atau video tersebut masih terlihat dengan baik. Jika gambar atau video tersebut terlihat gelap atau berubah warna, maka HP tersebut adalah HDC.

6. Cek Kualitas Kameranya

Cara keenam yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan mengecek kualitas kameranya. HP ori biasanya memiliki kamera yang berkualitas tinggi, dengan resolusi yang tinggi, fitur yang lengkap, dan hasil yang bagus. HP HDC biasanya memiliki kamera yang berkualitas rendah, dengan resolusi yang rendah, fitur yang terbatas, dan hasil yang jelek.

Anda bisa mengecek kualitas kamera HP dengan mengambil foto atau video dengan berbagai kondisi cahaya. Perhatikan apakah foto atau video tersebut terlihat jelas, detail, dan nyata. Jika foto atau video tersebut terlihat buram, pecah, atau tidak nyata, maka HP tersebut adalah HDC. Anda juga bisa mencoba fitur-fitur kamera seperti zoom, autofokus, flash, atau mode lainnya. Jika fitur-fitur tersebut tidak berfungsi dengan baik atau tidak ada, maka HP tersebut adalah HDC.

7. Cek Kualitas Suaranya

Cara ketujuh yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC adalah dengan mengecek kualitas suaranya. HP ori biasanya memiliki suara yang berkualitas tinggi, dengan volume yang besar, jernih, dan seimbang. HP HDC biasanya memiliki suara yang berkualitas rendah, dengan volume yang kecil, bising, atau cempreng.

Anda bisa mengecek kualitas suara HP dengan memutar musik atau video dengan volume maksimal. Perhatikan apakah suara tersebut terdengar jelas, detail, dan nyaman. Jika suara tersebut terdengar bising, pecah, atau tidak nyaman, maka HP tersebut adalah HDC. Anda juga bisa mencoba fitur-fitur suara seperti equalizer, bass, atau mode lainnya. Jika fitur-fitur tersebut tidak berfungsi dengan baik atau tidak ada, maka HP tersebut adalah HDC.

Kesimpulan

Demikianlah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan HP ori dan HDC yang paling akurat. Dengan mengetahui cara-cara ini, Anda bisa lebih berhati-hati dan cerdas dalam membeli HP baru. Jangan sampai Anda tertipu dan menyesal karena membeli HP HDC yang kualitasnya tidak sebanding dengan harganya.

HP ori memang lebih mahal daripada HP HDC, tetapi HP ori memiliki banyak keunggulan dan keuntungan yang tidak dimiliki oleh HP HDC. HP ori memiliki kualitas, performa, fitur, dan layanan yang lebih baik dan lebih terjamin. 

No More Posts Available.

No more pages to load.